Rabu, 18 April 2012

Game tools dan software untuk pengembangan game


Game Tools merupakan suatu software aplikasi spesial yang menangani dan memfasilitasi dalam membuat sebuah game baik PC ataupun konsol. Pada game tools terdapat fungsi yang menyertai konversi yang diperlukan dalam pembuatan game (seperti 3D models, texture, level editing, script compilation, dll).
Contoh-contohnya adalah :

RPG Maker XP/2000

 RPG Maker
RPG Maker 2000 adalah perangkat gratis yang memungkinkan Anda untuk membuat Super Nintendo / Playstation 1 RPG gaya konsol mirip dengan “Final Fantasy” dan “Dragon Quest”. Software ini cukup fleksibel dan mudah digunakan, memungkinkan Anda menyesuaikan antarmuka dan antarmuka scripting;  memungkinkan kontrol desainer lebih besar dan kebebasan dalam desain dalam pelaksanaan permainan. Ada fitur tileset yang tersedia dan pilihan musik pada game standar, dan ada komunitas yang berkembang dari pengguna untuk memproduksi konten baru bagi para pengembang yang lain.


Game Maker

 Game Maker
Game Maker memungkinkan Anda untuk membuat segala sesuatu dari sisi-bergulir seperti Super Mario-esque, Doom-style first-person shooters, semua dengan antarmuka titik-dan-klik sederhana.  Pada situs resminya  ada beberapa tutorial tentang cara membuat berbagai jenis permainan. Ada juga sebuah komunitas yang sangat aktif memproduksi game dan source untuk download dan memainkannya. Di versi berbayar atau “Pro” nya perangkat lunak ini menyediakan lebih banyak fitur dan fungsionalitas.

3D Adventure Studio
 3D Adventure Stidio

3D Adventure Studio adalah alat pengembangan yang dirancang untuk memungkinkan Anda untuk membangun game petualangan 3D yang mirip dengan “Betrayal,” “Krondor” and “Gabriel Knight 3″. Perangkat lunak ini masih dalam tahap Alpha dan belum diperbarui sejak 2004, tetapi masih sedikit berguna.

Adventure Maker
 Adventure Maker

Adventure Maker adalah pembuat game yang sangat serbaguna yang gratis dan memungkinkan Anda untuk membuat game petualangan point-and-click untuk PC Anda, PSP, Iphone dan Ipod Touch. Selain permainan, perangkat lunak ini memungkinkan Anda untuk membuat majalah interaktif, wisata virtual dan bahkan PowerPoint seperti presentasi. Sama seperti Game Maker ada edisi gratis serta edisi lengkap yang menawarkan lebih banyak fitur. Perangkat lunak yang dirancang untuk PSP dan Iphone / Ipod adalah legal dan dalam semua parameter yang berwenang.

Eclipse MMORPG Maker
 Eclipse MMORPG Maker

Eclipse memungkinkan pengguna untuk membuat MMORPG 2D, mirip dengan “Maple Story”.  Seperti alat desain lainnya yang tercantum di atas, yang satu ini membutuhkan pengetahuan pemrograman sedikit atau tidak ada pun bisa, meskipun seorang programmer cerdas dan berpengalaman dapat memperluas fungsionalitas sebuah permainan dengan pemrograman fitur tambahan menggunakan built-in tools scripting. Seperti RPG Maker XP, ada tilesets banyak tambahan, grafik dan cara lain untuk mengembangkan permainan Anda, bisa Anda download di situsnya.


Referensi :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar