Selasa, 02 Juli 2013

Pengantar Komputasi Modern : Wireable Device


Wireable Device merupakan sebuah teknologi elektronik yang canggih yang dibuat untuk memanjakan keinginan manusia yang tidak pernah ada puasnya.  Karena dengan kecanggihan yang semakin berkembang maka teknologi akan maju dan menjadi pesat.

Dan contoh dari wireable device adalah Perangkat wireless merupakan sebuah alat yang kecil, mudah digunakan/dibawa, memiliki kemampuan mengerjakan berbagai tugas, dan dapat tersambung secara nirkabel dengan Internet maupun perangkat lainnya. Contoh Perangkat wireless adalah HP, PDA, dll. Dalam wireless device (Perangkat wireless) biasanya terdapat microbrowser. Microbrowser adalah browser kecil berukuran mini yang dapat berjalan pada perangkat wireless yang memiliki memory dan bandwitch kecil. Saat ini sudah banyak microbrowser, contohnya adalah Opera, Safari, dan Firefox.

Dan dibawah ini menjelaskan beberapa SISTEM WIRELESS :

•Global Positioning Systems (GPS)
Adalah sistem wireless yang menggunakan atau memanfaatkan satelit, memungkinkan pengguna untuk menentukan posisi mereka di mana saja di bumi, didukung oleh 24 satelit bersama di seluruh dunia. GPS adalah  sistem nirkabel yang menggunakan satelit untuk melacak posisi pengguna. Saat ini GPS sudah banyak digunakan pada alat-alat transportasi.

•Internet over Satellite (IOS)
IOS memungkinkan pengguna untuk mengakses Internet melalui satelit GEO, jadi tidak menggunakan modem maupun kabel LAN. Biasanya dipakai pada daerah pedalaman yang belum dijangkau oleh sinyal. Pada IOS dimungkinkan mengalami keterlambatan propagasi atau karena terganggu oleh kondisi lingkungan.

•Transmisi dengan Gelombang Radio.
Ada 3 jenis transmisi menggunakan gelombang radio. Pertama adalah Transmisi radio menggunakan gelombang frekuensi radio untuk mengirim data secara langsung antara pemancar dan penerima. Yaitu gelombang AM dan FM. Kedua adalah transmisi Satellite Radio (radio digital). Suara yang diterima dapat mendekati CD musik berkualitas yang dikirim ke radio dari ruang angkasa. Pada sistem ini pengiriman data dari XM radio satelit menggunakan GEO dan Sirius menggunakan MEO. Pengiriman menggunakan radio digital tidak memiliki banyak gangguan.

•Transmisi dengan Inframerah
Cahaya inframerah adalah sinar merah yang tidak biasa dilihat oleh mata manusia. Infrared digunakan secara umum dalam unit remote control untuk TV, VCR, DVD, CD player. Kekurangan Infrared adalah sering adanya gangguan.

Dari beberapa contoh teknologi wireless diatas, saya akan menjelaskan salah satunya, yaitu Infrared. Infrared dapat dimanfaatkan pada beberapa bidang, yakni kesehatan, komunikasi, keruangan, dan industri.

Di bidang komunikasi, kegunaan inframerah yakni sebagai berikut :

•Adanya kamera tembus pandang yang memanfaatkan sinar inframerah. Sinar inframerah memang tidak dapat ditangkap oleh mata telanjang manusia, namun sinar inframerah tersebut dapat ditangkap oleh kamera digital atau video handycam. Dengan adanya suatu teknologi yang berupa filter iR PF yang berfungi sebagai penerus cahaya inframerah, maka kemampuan kamera atau video tersebut menjadi meningkat. Teknologi ini juga telah diaplikasikan ke kamera handphone
•Untuk pencitraan pandangan seperti nightscoop
•Inframerah digunakan untuk komunikasi jarak dekat, seperti pada remote TV. Gelombang inframerah itu mudah untuk dibuat, harganya relatif murah, tidak dapat menembus tembok atau benda gelap, serta memiliki fluktuasi daya tinggi dan dapat diinterfensi oleh cahaya matahari.
•Sebagai alat komunikasi pengontrol jarak jauh. Inframerah dapat bekerja dengan jarak yang tidak terlalu jauh (kurang lebih 10 meter dan tidak ada penghalang).

Kelebihan inframerah dalam pengiriman data
•Pengiriman data dengan infra merah dapat dilakukan kapan saja, karena pengiriman dengan inframerah tidak membutuhkan sinyal.
•Pengiriman data dengan infra merah dapat dikatakan mudah karena termasuk alat yang sederhana.
•Pengiriman data dari ponsel tidak memakan biaya (gratis)

Kelemahan inframerah dalam pengiriman data
•Pada pengiriman data dengan inframerah, kedua lubang infra merah harus berhadapan satu sama lain. Hal ini agak menyulitkan kita dalam mentransfer data karena caranya yang merepotkan.
•Inframerah sangat berbahaya bagi mata, sehingga jangan sekalipun sorotan infra merah mengenai mata
•Pengiriman data dengan inframerah dapat dikatakan lebih lambat dibandingkan dengan rekannya Bluetooth.


Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar