Rabu, 10 April 2013

Pengantar Sistem Terdistribusi : Agent (Mobile Agent)



11.      SEJARAH DAN LATAR BELAKANG SOFTWARE AGENT


Sistem terdistribusi adalah sebuah sistem yang memiliki komponen-komponen pendukung dan tergabung dalam sebuah jaringan komputer. Komputer-komputer tersebut berkomunikasi satu sama lain dengan jalan pengiriman pesan. Sistem terdistribusi tersebut meliputi internet, intranet, dan mobile computing.
Komputer-komputer dalam sebuah jaringan dapat terletak dalam lokasi yang berjauhan. Hubungan antara komputer-komputer tersebut dapat dijalin dengan komunikasi nirkabel. Sebuah jaringan pun juga dapat terdiri atas komputer-komputer dalam sebuah ruangan yang tentunya dapat berkomunikasi dengan lebih baik daripada yang berjauhan. Sistem terdistribusi tersebut memiliki konsekuensi berikut.
Konkurensi
Dalam jaringan komputer, proses eksekusi program harus berjalan secara konkuren. Setiap komputer dapat melakukan pekerjaannya masing-masing tanpa terjadi konflik di antaranya. Antarkomputer juga dapat melakukan file sharing dengan sistem ini. Sistem dapat melakukan hal ini dengan lebih baik lagi apabila sistem itu menambah sesumber lagi, seperti penambahan komputer dalam jaringan. Penambahan komputer ini dapat meningkatkan kapasitas sistem dalam file sharing. Maka, diperlukan koordinasi konkurensi program yang mengeksekusi program sharing tersebut dalam sistem ini.
Tiadanya clock global
Dalam sebuah sistem terdistribusi, komputer memiliki clock masing-masing. Maka, diperlukan sebuah sistem koordinasi agar tidak terjadi konflik clock antarkomputer tersebut. Saat program membutuhkan koordinasi antarkomputer, dilakukan proses pertukaran pesan antarkomputer. Koordinasi antarkomputer yang dibutuhkan itu, tergantung pada waktu di saat program itu dijalankan.
Kegagalan Independen
Semua sistem komputer dapat mengalami kegagalan dan hal tersebut merupakan tanggung jawab pembuat sistem untuk memecahkannya. Begitu juga dengan sistem terdistribusi yang dapat mengalami kegagalan dengan berbagai cara. Kesalahan dalam jaringan bisa saja membuat komputer terisolasi, meski hal tersebut tidak berarti bahwa komputer itu tidak dapat beroperasi. Kesalahan yang terjadi dalam sistem ini dapat menyebabkan sistem berjalan lebih lambat. Kesalahan dalam sistem itu pun bisa jadi kesalahan independen setiap komputer atau bahkan hanya sebagian kecil komponen komputer.
Menurut Nwana, konsep agent sudah dikenal lama dalam bidang AI, tepatnya dikenalkan oleh seorang peneliti bernama Carl Hewitt dengan concurrent actor model-nya pada tahun 1977. Dalam modelnya Hewitt mengemukakan teori tentang suatu obyek yang yang dia sebut actor, yang mempunyai karakteristik menguasai dirinya sendiri, interaktif, dan bisa merespon pesan yang datang dari lain obyek sejenis. Dari berbagai penelitian berhubungan dengan hal diatas, kemudian lahirlah cabang ilmu besar yang merupakan turunan dari AI yaitu Distributed Artificial Intelligence (DAI), yang antara lain membawahi bidang penelitian, Distributed Problem Solving (DPS), Parallel Artificial Intelligence (PAI), dan Multi Agent System (MAS).
Masa ini terkenal dengan masa generasi pertama penelitian software agent, yaitu periode 1970-1990. Pada umumnya konsentrasi penelitian pada periode ini tertuju ke arah: pemodelan internal agent secara simbolik, isu-isu makro mengenai interaksi, koordinasi, dan komunikasi antar agent dalam kerangka MAS. Tujuan utamanya adalah untuk menganalisa, mendesain, dan mengintegrasikan system dalam kerangka agent yang bisa berkolaborasi satu dengan yang lain. Berbagai macam penelitian yang dilakukan pada generasi pertama (1970-1990) itu terangkum secara lengkap dan terorganisir dengan baik dalam buku-buku yang dieditori oleh Bond dan Gasser, Gasser dan Huns, dan Chaib-draa.
Kemudian masa generasi kedua dari penelitian agent adalah periode tahun 1990 sampai saat ini. Konsentrasi penelitian pada periode ini khususnya adalah pada: pengembangan dan penelitian teori agent (agent theory), arsitektur agent (agent architecture) dan bahasa pemrograman yang digunakan (agent language). Terangkum dengan baik dalam buku-buku dan makalah-makalah oleh Wooldridge dan Jennings.

Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar